ANALISIS PENYEBAB KANDASNYA KAPAL MT. PANCARAN PROSPERITY PADA DAERAH DANGKAL DI LAUT JAWA

Pratama, Hafid Rizki (2023) ANALISIS PENYEBAB KANDASNYA KAPAL MT. PANCARAN PROSPERITY PADA DAERAH DANGKAL DI LAUT JAWA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN - Hafid Rizki.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Hafid Rizki.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - Hafid Rizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - Hafid Rizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - Hafid Rizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - Hafid Rizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Hafid Rizki.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Hafid Rizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Penyebab Kandasnya Kapal MT. Pancaran Prosperity Pada Daerah Dangkal di Laut Jawa” mengacu pada penyebab bagaimana terjadinya kapal kandas dan bagaimana upaya pencegahannya agar kejadian kandas tidak terulang kembali. Kejadian ini mengakibatkan kerugian bagi perusahaan pelayaran maupun bagi pihak kapal. Terdapat dua jenis kandas pada kapal yaitu kandas yang dilakukan secara sengaja untuk menyelamatkan kapal, awak kapal, dan muatan atau yang disebut dengan beached serta kandas yang tidak sengaja disebabkan oleh kelalaian manusia atau biasa disebut dengan stranded. Dalam penyusunan tugas akhir ini peneliti menggunakan metode tipe penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Hasil tugas akhir ini adalah MT. Pancaran Prosperity pada saat proses mengirim muatan fame kapal mengalami kandas di daerah dangkal yang diakibatkan oleh faktor internal dan external. Kemungkinan faktor internal dari kejadian tersebut adalah pada saat perwira jaga melakukan pengamatan, kelelahan crew saat dinas jaga, dan alat navigasi yang tidak berfungsi dengan baik dan faktor external dari kejadian ini dikarenakan kedalaman pada peta 23 m sedangkan di lokasi hanya 6 m serta tidak adanya rambu-rambu bahaya navigasi isolated danger mark sebagai tanda yang tidak boleh dilewati oleh kapal. Untuk membebaskan kapal dari kandas menggunakan cara memindah muatan dari tangki satu ke tangki slop. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali peristiwa kandas pada MT. Pancaran Prosperity adalah memastikan route plan yang akan dilalui dengan aman dan selalu waspada dengan kedalaman laut. Saran yang dapat diberikan untuk pihak kapal agar peristiwa ini tidak terjadi kembali, sebelum berlayar Nahkoda dan perwira navigasi memastikan route plan yang akan dilalui sudah aman serta memperhatikan alat navigasi agar tidak mengalami kendala saat kapal berlayar, dan untuk pihak Hidro-Oseanografi untuk segera memperbaharui peta dan menelusuri dangkalan tersebut agar tidak terulangnya kembali kejadian kandas tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 190803009
Uncontrolled Keywords: kapal kandas, daerah dangkal, isolated danger mark
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92403 D3-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:54
Last Modified: 09 Sep 2024 07:54
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item
View Item