ANALISIS UPAYA MENGATASI SITUASI KANDAS PADA KAPAL MV. SUNDA STRAIT PADA SAAT KAPAL MELAKUKAN OLAH GERAK DI PELABUHAN IMIP LABOTA

Tri Saputra, Muhamad Jopik (2023) ANALISIS UPAYA MENGATASI SITUASI KANDAS PADA KAPAL MV. SUNDA STRAIT PADA SAAT KAPAL MELAKUKAN OLAH GERAK DI PELABUHAN IMIP LABOTA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
Halaman Depan - jopik tri.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Bab 1- jopik tri.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab 2 - jopik tri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab 3 - jopik tri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab 4 - jopik tri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab 5 - jopik tri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - jopik tri.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - jopik tri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kandas adalah keadaan darurat yang didahului dengan tanda-tanda putaran baling- baling terasa berat, asap di cerobong mendadak menghitam, badan kapal bergetar dan kecepatan kapal berubah kemudian berhenti mendadak. Pada saat melakukan olah gerak kapal mengalami situasi kandas pada perairan yang mempunyai kedalaman 6 meter yang berakibat terlambatnya proses sandar pada dermaga Labota. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran crew kapal dalam mengatasi situasi kandas dan mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan kapal kandas serta dampak yang dialami oleh kapal MV. Sunda strait saat kandas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dan metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Hasil dari skripsi ini menunjukan bahwa faktor penyebab kandasnya kapal adalah faktor human error, technical error dan kesalahan prosedur. Dampak yang dialami kapal saat kandas yaitu terlambatnya proses kapal untuk bersandar. Upaya untuk mengatasi situasi kandas pada kapal
yaitu dengan menjalankan prosedur darurat situasi kandas, Melaporkan kejadian pada Otoritas pelabuhan dan perusahaan, serta menggunakan fenomena air pasang untuk melepaskan kapal dari kandas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NIM 180704040
Uncontrolled Keywords: Kandas, human error, technical error, kesalahan prosedur
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:45
Last Modified: 16 Jul 2024 02:45
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item