Bahari, Fadhlan Sulung and Suprapti, Fitri and Dillyanto, Prijantono (2025) ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGANAN KEBOCORAN LAMBUNG PADA KAPAL GENERAL CARGO : STUDI KASUS MV. GLADIOLUS SEJATI. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
HALAMAN DEPAN - Fadhlan Sulung Bahari fix.pdf
Download (548kB)
Bab 1 - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Download (185kB)
Bab 2 - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.
Download (603kB) | Request a copy
bab3 - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.
Download (222kB) | Request a copy
bab4 - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.
Download (942kB) | Request a copy
Bab 5 - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.
Download (195kB) | Request a copy
Daftar Pustaka - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Download (289kB)
Lampiran - Fadhlan Sulung Bahari.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kebocoran lambung yang dialami MV. Gladiolus Sejati. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara dengan awak kapal. Analisis permasalahan dilakukan menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA) yang dipadukan dengan diagram Fishbone untuk mengidentifikasi penyebab utama kejadian. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa kebocoran disebabkan oleh beberapa faktor yang saling berkaitan, yaitu kelalaian kru dalam pemeriksaan rutin, ketidak sesuaian implemenrtasi prosedur STS dan kendala teknis material, serta pengaruh kondisi cuaca yang buruk. Selain itu usia lambung yang tua menyebabkan pelat lambung mengalami penipisan akibat korosi dan memperbesar risiko kerusakan. Kebocoran ini menimbulkan ganguan pada stabilitas kapal, kerusakan sistem drainase, hingga gangguan kelistrikan (blackout) yang mempengaruhi aktifitas bongkar muat. Penanganan dilakukan secara darurat, seperti penyeimbangan beban kapal dengan memindahkan boom derek, pengurangan air dengan pompa celup, dan penutupan sementara titik kebocoran menggunakan las titik dan semenbox. Kesimpulan dari penilitian ini menekankan perlunya standar operasional prosedur yang sesuai, pelaksanaan inspeksi struktur kapal secara berkala, serta peningkatan kewaspadaan kru terhadap potensi bahaya selama kegiatan operasional untuk mencegah kejadian serupa terulang.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 200903008 |
| Uncontrolled Keywords: | Ship to Ship , Kebocoran lambung kapal, dampak kebocoran lambung kapal |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Jurusan Nautika > 92403 D3-Nautika |
| Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 08:34 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 08:34 |
| URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/380 |
