Rudin, Shendi May and Oscar, Yulius and Putranto, Wahyu Ari (2025) IDENTIFIKASI PENYEBAB TURUNNYA TEMPERATUR SISTEM BAHAN BAKAR PADA GENERATOR PEMBANGKIT LISTRIK DI KAPAL MV. RADIANT REB. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
HALAMAN DEPAN - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Download (688kB)
BAB 1 Shendi May Rudin - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Download (117kB)
BAB II Shendi May Rudinpdf - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (1MB) | Request a copy
BAB III Shendi May Rudin - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (56kB) | Request a copy
BAB IV Shendi May Rudin - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (1MB) | Request a copy
BAB V Shendi May Rudin - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (113kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA Shendi May Rudin - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Download (224kB)
LAMPIRAN Shendi May Rudin - SHENDI MAY RUDIN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Peran utama generator di kapal adalah menyediakan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan di kapal. Tujuan penelitian ini mengetahui penyebab penurunan temperatur sistem bahan bakar Marine Fuel Oil (MFO) pada generator di kapal MV. Radiant Reb. Penurunan temperatur bahan bakar (98ºC - 100ºC) berdampak pada peningkatan viskositas, hambatan aliran, serta menurunnya efisiensi pembakaran dan kinerja diesel generator. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif berbasis studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung di kapal. Hasil penelitian mengidentifikasi empat faktor penyebab penurunan temperatur: penurunan kinerja heater akibat kerak dan kebocoran, steam trap yang tidak optimal menyebabkan penumpukan kondensat, kerusakan insulasi (lagging) yang mempercepat kehilangan panas, serta keausan pada pompa sirkulasi yang mengganggu aliran bahan bakar. Upaya perbaikan dilakukan melalui pemeliharaan rutin dan inspeksi menyeluruh pada komponen-komponen utama tersebut. Kesimpulannya, perawatan preventif dan deteksi dini sangat krusial untuk menjaga temperatur bahan bakar dalam rentang ideal (108ºC - 118ºC), sehingga efisiensi serta keandalan operasi generator kapal tetap terjaga.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 211002017 |
| Uncontrolled Keywords: | Fuel System, Temperature, Diesel Generator,Gear Pump |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika |
| Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:45 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 07:45 |
| URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/376 |
