IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB TERBAKARNYA SCAVENGING AIR BOX PADA CYLINDER NO.4 MESIN INDUK TIPE SSANGYONG B&W 6L 35MC DI MV TANTO SUBUR II

Iqbal, Rauf Muhammad and Ngatmin, Ngatmin and Santoso, Gunawan Budhi (2025) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB TERBAKARNYA SCAVENGING AIR BOX PADA CYLINDER NO.4 MESIN INDUK TIPE SSANGYONG B&W 6L 35MC DI MV TANTO SUBUR II. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN - Rauf M Iqbal.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Rauf M Iqbal.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II RMI - Rauf M Iqbal.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III RMI - Rauf M Iqbal.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2025.

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV RMI - Rauf M Iqbal.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V rmi - Rauf M Iqbal.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS - Rauf M Iqbal.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Rauf M Iqbal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penyebab kebakaran pada scavenging air box silinder nomor 4 mesin induk kapal MV Tanto Subur II. Insiden terjadi saat kapal sedang berlayar dan mengganggu operasional mesin utama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung, wawancara dengan kru kapal, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebakaran disebabkan oleh kebocoran oli akibat ring piston yang aus, pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, penumpukan karbon dan jelaga, kurangnya perawatan rutin, serta tidak berfungsinya sistem alarm suhu. Dampaknya cukup signifikan karena merusak komponen mesin dan menghambat jalannya operasional kapal. Sebagai penanganan awal, mesin dimatikan, area terbakar didinginkan, dan bagian silinder dibersihkan serta diperiksa. Setelah kapal sandar, dilakukan overhaul pada cylinder nomor 4, termasuk pembongkaran piston, penggantian ring piston, pembersihan karbon, pemeriksaan liner, dan uji coba mesin. Penelitian ini menekankan pentingnya perawatan rutin, pemeriksaan sistem alarm, dan kesiapsiagaan crew dalam menghadapi keadaan darurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 211002014
Uncontrolled Keywords: Mesin induk, scavenging air box, ring piston
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:58
Last Modified: 07 Nov 2025 07:58
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item
View Item