Fibimahudah, Ragabrielle and Santoso, Hero Budi and Rahayu, Sri Tutie (2025) ANALISIS KAPAL KANDAS SAAT MEMASUKI ALUR SUNGAI BERAU PADA KAPAL MV PEKAN FAJAR. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
HALAMAN DEPAN RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Download (445kB)
BAB I RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Download (308kB)
BAB II RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.
Download (320kB) | Request a copy
BAB III RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.
Download (269kB) | Request a copy
BAB IV RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.
Download (652kB) | Request a copy
BAB V RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.
Download (217kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Download (183kB)
LAMPIRAN RAGABRIELLE - RAGABRIELLE FIBIMAHUDAH.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kapal kandas merupakan salah satu insiden yang sering terjadi di daerah alur pelayaran sungai dan dapat menimbulkan dampak negatif bagi keselamatan pelayaran maupun lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejadian kandas yang dialami oleh kapal MV Pekan Fajar saat memasuki alur sungai Berau. Kejadian kandas ini terjadi pada tanggal 03 Mei 2024, di mana kapal terhalang di alur sungai yang sempit dan dangkal, menghambat lalu lintas pelayaran. Analisis ini menggunakan data lapangan, hasil wawancara dengan pihak terkait, dan termasuk pengelola pelabuhan dan otoritas pelayaran. Faktor yang diidentifikasi dalam insiden ini meliputi kesalahan perhitungan kedalaman alur, cuaca buruk yang memperburuk navigasi, serta kurangnya koordinasi antara kapal dan pihak otoritas pelabuhan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketidaksesuaian antara kondisi fisik alur sungai dengan ukuran kapal, serta kurangnya persiapan dalam menghadapi perubahan kondisi lingkungan yang signifikan terhadap terjadinya kandas. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem navigasi, peningkatan pemantauan alur sungai, serta peningkatan prosedur keselamatan pelayaran di daerah alur sempit dan dangkal.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 200903018 |
| Uncontrolled Keywords: | kapal kandas, MV Pekan Fajar, alur sungai Berau, analisis maritim, keselamatan pelayaran, navigasi. |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Jurusan Nautika > 92403 D3-Nautika |
| Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:17 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 07:35 |
| URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/340 |
