OPTIMALISASI INERT GAS SYSTEM GUNA MENGURANGI KADAR OKSIGEN PADA PROSES BONGKAR MUATAN DI KAPAL MT. SERUI

Hendrawantoko, Dwi Sandy and Santoso, Hero Budi and Kumara, Rahindra Bayu (2025) OPTIMALISASI INERT GAS SYSTEM GUNA MENGURANGI KADAR OKSIGEN PADA PROSES BONGKAR MUATAN DI KAPAL MT. SERUI. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN - Dwi Onetoko.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Dwi Onetoko.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - Dwi Onetoko.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2025.

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III- Dwi Onetoko (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2025.

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - Dwi Onetoko.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2025.

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - Dwi Onetoko.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2025.

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Dwi Onetoko.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Dwi Onetoko.pdf

Download (2MB)

Abstract

MT. SERUI adalah jenis kapal tanker yang bermuatan crude oil, kapal tanker dengan bobot mati diatas 20.000 ton harus dilengkapi dengan Inert Gas System, terdapat kendala yang berkaitan dengan kerusakan Inert Gas System pada saat bongkar minyak mentah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kerusakan Inert Gas System di MT. SERUI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung di lapangan di kapal MT. SERUI, wawancara dengan para crew yang bertanggungjawab terhadap inert gas system, dan studi pustaka dari berbagai literatur. Dari data diperoleh kemudiaan dilakukan analisis dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kerusakan inert gas system di kapal MT. SERUI kemungkinan penyebabnya adalah perawatan inert gas system di MT. SERUI, belum mencapai hasil maksimal dikarenakan kerusakan seal actuator valve yang mengakibatkan supply gas lembam yang dibutuhkan tangki muatan menjadi tinggi kandungan O2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 190804012
Uncontrolled Keywords: Inert Gas System, Seal Actuator valve, Inert Gas System pada kapal tanker.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:36
Last Modified: 22 Sep 2025 08:36
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item
View Item