Muhammad, Muhammad (2023) ANALISA DRAGGING ANCHOR KAPAL MV. SAVIOUR PADA SAAT BERLABUH DI REDE GRESIK SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
![[thumbnail of HALAMAN JUDUL]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman judul - Muhammad.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 - Muhammad Puasa.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2 - Muhammad Puasa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3 - Muhammad Puasa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4 - Muhammad Puasa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5 - Muhammad Puasa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Puasa.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN - Muhammad Puasa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kapal larat merupakan kejadian yang menyebabkan hanyut atau berpindahnya kapal dari posisi awal berlabuh keposisi yang tidak beraturan sehingga menyebabkan kapal kandas, tubrukan antara kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga atau pelabuhan. Penelitian ini menjelaskan tentang penyebab terjadinya dragging anchor saat berlabuh jangkar yang dialami oleh kapal MV. Saviour saat berlabuh jangkar yang mengakibatkan terjadinya tubrukan terhadap MT. Srikandi 514. Akibat dari tubrukan tersebut menyebabkan beberapa kerusakan pada kedua kapal, dampak yang ditimbulkan, serta upaya yang dilakukan untuk mencegah kejadian serupa tidak terulang kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang disimpulkan secara umum. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data berupa pendekatan terhadap objek melalui observasi, wawancara secara langsung serta menggunakan dokumen dari kapal yang berhubungan dengan kecelakaan saat sedang berlabuh jangkar. Jadi dalam penelitian ini faktor penyebab terjadinya kecelakaan dragging anchor yang dialami kapal MV. Saviour adalah kesalahan manusia atau human error. Kecelakaan tersebut menimbulkan berbagai dampak antara yaitu kerusakan pada lambung sisi kanan MV. Saviuor, Kerusakan dibeberapa bagian pada kapal MT. Srikandi 514, kerugian yang dialami PT. Surabaya Petroleum Transport yang mengganti rugi kerusakan pada kapal MT. Srikandi 514 yang diakibatkan oleh tubrukan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | NIM 180704017 |
Uncontrolled Keywords: | Dragging Anchor, Berlabuh, Sumber Daya Manusia, Tubrukan, |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika |
Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 09:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 09:06 |
URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/79 |