OPTIMALISASI PENGOPERASIAN ANTI-HEELING SYSTEM UNTUK MENJAGA KAPAL TETAP UPRIGHT POSITION PADA SAAT CARGO OPERATION DI KAPAL MV. JUDITH SCHULTE

Ferdiansyah, Mochamad Aruf (2023) OPTIMALISASI PENGOPERASIAN ANTI-HEELING SYSTEM UNTUK MENJAGA KAPAL TETAP UPRIGHT POSITION PADA SAAT CARGO OPERATION DI KAPAL MV. JUDITH SCHULTE. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
halaman depan - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf] Text
BAB V - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Heeling adalah posisi miring kapal yang diakibatkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah ombak atau arus yang kuat di daerah pelabuhan tanpa break water, lalu loading atau discharging di salah satu bagian kapal secara terus-menerus dalam waktu yang lama tanpa dilakukannya pengecekan tingkat list pada alat anti-heeling. Oleh karena itu sangat penting bagi kru yang sedang bertugas untuk selalu melakukan pemonitoran pada alat anti-heeling untuk memeriksa berapa derajat kemiringan pada saat itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kapal capsize atau kerusakan pada kapal maupun kargo pada saat proses bongkar muat berlangsung. Metode penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan sumber
data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara terhadap beberapa responden di kapal MV. Judith Schulte, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyebab dari kemiringan kapal pada saat cargo operation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NIM 180704013
Uncontrolled Keywords: Anti-Heeling System, Upright Position, Cargo Operation
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:48
Last Modified: 12 Jul 2024 03:48
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item