Ferdiansyah, Mochamad Aruf (2023) OPTIMALISASI PENGOPERASIAN ANTI-HEELING SYSTEM UNTUK MENJAGA KAPAL TETAP UPRIGHT POSITION PADA SAAT CARGO OPERATION DI KAPAL MV. JUDITH SCHULTE. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
![[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman depan - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](http://repo.polimarin.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN - Mochamad Aruf Ferdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (726kB)
Abstract
Heeling adalah posisi miring kapal yang diakibatkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah ombak atau arus yang kuat di daerah pelabuhan tanpa break water, lalu loading atau discharging di salah satu bagian kapal secara terus-menerus dalam waktu yang lama tanpa dilakukannya pengecekan tingkat list pada alat anti-heeling. Oleh karena itu sangat penting bagi kru yang sedang bertugas untuk selalu melakukan pemonitoran pada alat anti-heeling untuk memeriksa berapa derajat kemiringan pada saat itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kapal capsize atau kerusakan pada kapal maupun kargo pada saat proses bongkar muat berlangsung. Metode penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan sumber
data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara terhadap beberapa responden di kapal MV. Judith Schulte, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyebab dari kemiringan kapal pada saat cargo operation.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | NIM 180704013 |
Uncontrolled Keywords: | Anti-Heeling System, Upright Position, Cargo Operation |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika |
Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:48 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:48 |
URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/77 |