IDENTIFIKASI PENURUNAN TEKANAN LUBRICATING OIL MESIN DIESEL BANTU DAIHATSU TIPE 6DC17 DI MV INDRAWATI

Adinata, Yatama Bakthiar and Juwarlan, Juwarlan and Kiswanto, Heri (2025) IDENTIFIKASI PENURUNAN TEKANAN LUBRICATING OIL MESIN DIESEL BANTU DAIHATSU TIPE 6DC17 DI MV INDRAWATI. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN - Yatama Bakthiar.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Yatama Bakthiar.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 - Yatama Bakthiar.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 - Yatama Bakthiar.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 - Yatama Bakthiar.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 & ABSTRAK - Yatama Bakthiar.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS - Yatama Bakthiar.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Yatama Bakthiar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Generator diesel merupakan mesin bantu yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga listrik serta menggerakkan pompa dan peralatan mesin lainnya. Seperti saat melakukan manuver, berlayar, berlabuh, maupun saat sandar. Kinerja mesin ini tidak lepas dari dukungan berbagai sistem, antara lain sistem pendinginan, sistem bahan bakar, dan sistem pelumasan. Turunnya tekanan pelumas pada mesin diesel merupakan permasalahan krusial yang dapat menyebabkan gangguan pada kinerja mesin dan kerusakan komponen internal akibat pelumasan tidak optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab turunnya tekanan pelumas pada mesin induk Daihatsu tipe 6DC17 yang ada di kapal MV Indrawati, serta mengevaluasi pengaruhnya terhadap sistem pelumasan dan kinerja mesin secara keseluruhan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif berbasis studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung dikapal. Pembahasan ini memberikan gambaran penyebab turunnya tekanan pelumas yaitu pada, saringan yang kotor atau tersumbat, kerja pompa yang kurang optimal, dan bagian-bagian mesin yang aus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 211002021
Uncontrolled Keywords: Tekanan pelumas, mesin diesel, sistem pelumasan, keausan komponen
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:25
Last Modified: 21 Nov 2025 04:25
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item
View Item