George, Marcellino and Hendartono, Ario and Marselia, Marselia (2025) ANALISIS INSIDEN KEBAKARAN DI KAPAL MP ULTRAMAX 1 MENGGUNAKAN LOSS CAUSATION MODEL. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
HALAMAN DEPAN S-D DAFTAR TABEL MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Download (1MB)
BAB 1 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Download (283kB)
BAB 2 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (675kB) | Request a copy
BAB 3 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (305kB) | Request a copy
BAB 4 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (232kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.
Download (195kB) | Request a copy
LAMPIRAN MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Download (3MB)
Abstract
Transportasi laut memegang peran strategis dalam perdagangan serta distribusi logistik secara global. Namun, salah satu risiko tinggi yang patut menjadi perhatian serius dalam hal ini ialah kebakaran di kapal. Menurut data IMO, kebakaran di kapal adalah salah satu jenis kecelakaan yang masih menjadi penyebab utama terjadinya insiden laut. Penelitian ini menganalisis insiden kebakaran tali tambat di geladak buritan kapal MP Ultramax 1 yang terjadi pada 23 April 2024. Menggunakan Loss Causation Model (Bird & Germain, 1985), studi kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis penyebab insiden, dampaknya, serta tindakan pemadaman yang dilakukan kru. Validitas data dipastikan melalui triangulasi, setelah pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penyebab langsung insiden ini adalah paparan partikel jelaga panas pada tali polipropilena yang terpapar di geladak buritan kapal. Penyebab dasar utamanya teridentifikasi sebagai kurangnya kesadaran situasional atau persepsi risiko kru kapal terhadap bahaya jelaga, meskipun pemeliharaan boiler telah dilaksanakan secara rutin sesuai dengan PMS. Selanjutnya, celah kontrol manajemen terlihat dari minimnya prosedur spesifik penyimpanan tali dan penilaian risiko yang belum optimal. Meskipun respons darurat kru sangat efektif dan patut diapresiasi, insiden ini secara keseluruhan menyoroti perlunya perbaikan sistematis. Maka dari itu, rekomendasi yang diajukan mencakup peningkatan kesadaran kru, optimasi pemeliharaan boiler, revisi prosedur penyimpanan tali, serta penguatan sistem manajemen keselamatan (SMS) guna meminimalkan risiko di masa mendatang.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 200904014 |
| Uncontrolled Keywords: | Kebakaran Kapal, Tali Tambat, Jelaga, Loss Causation Model, Keselamatan Maritim |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika |
| Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:51 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 07:51 |
| URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/334 |
