ANALISIS INSIDEN KEBAKARAN DI KAPAL MP ULTRAMAX 1 MENGGUNAKAN LOSS CAUSATION MODEL

George, Marcellino and Hendartono, Ario and Marselia, Marselia (2025) ANALISIS INSIDEN KEBAKARAN DI KAPAL MP ULTRAMAX 1 MENGGUNAKAN LOSS CAUSATION MODEL. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN S-D DAFTAR TABEL MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN MARCELLINO GEORGE - Marcellino George.pdf

Download (3MB)

Abstract

Transportasi laut memegang peran strategis dalam perdagangan serta distribusi logistik secara global. Namun, salah satu risiko tinggi yang patut menjadi perhatian serius dalam hal ini ialah kebakaran di kapal. Menurut data IMO, kebakaran di kapal adalah salah satu jenis kecelakaan yang masih menjadi penyebab utama terjadinya insiden laut. Penelitian ini menganalisis insiden kebakaran tali tambat di geladak buritan kapal MP Ultramax 1 yang terjadi pada 23 April 2024. Menggunakan Loss Causation Model (Bird & Germain, 1985), studi kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis penyebab insiden, dampaknya, serta tindakan pemadaman yang dilakukan kru. Validitas data dipastikan melalui triangulasi, setelah pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penyebab langsung insiden ini adalah paparan partikel jelaga panas pada tali polipropilena yang terpapar di geladak buritan kapal. Penyebab dasar utamanya teridentifikasi sebagai kurangnya kesadaran situasional atau persepsi risiko kru kapal terhadap bahaya jelaga, meskipun pemeliharaan boiler telah dilaksanakan secara rutin sesuai dengan PMS. Selanjutnya, celah kontrol manajemen terlihat dari minimnya prosedur spesifik penyimpanan tali dan penilaian risiko yang belum optimal. Meskipun respons darurat kru sangat efektif dan patut diapresiasi, insiden ini secara keseluruhan menyoroti perlunya perbaikan sistematis. Maka dari itu, rekomendasi yang diajukan mencakup peningkatan kesadaran kru, optimasi pemeliharaan boiler, revisi prosedur penyimpanan tali, serta penguatan sistem manajemen keselamatan (SMS) guna meminimalkan risiko di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200904014
Uncontrolled Keywords: Kebakaran Kapal, Tali Tambat, Jelaga, Loss Causation Model, Keselamatan Maritim
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:51
Last Modified: 01 Oct 2025 07:51
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item
View Item