DAMPAK ARUS TERHADAP MANUVER MV. OCEAN STAR 9 DI SELAT KANMON KAIKYO

Mario, Mario and Wantoro, Widar Bayu and Setyoningrum, Ari Ani Dyah (2025) DAMPAK ARUS TERHADAP MANUVER MV. OCEAN STAR 9 DI SELAT KANMON KAIKYO. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
Cover sd Daftar Lampiran Mario 211003009 - mario rio.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I Mario 211003009 - mario rio.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II Mario 211003009 - mario rio.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III Mario 211003009 - mario rio.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV Mario 211003009 - mario rio.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (677kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V Mario 211003009 - mario rio.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2025.

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Mario 211003009 - mario rio.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Mario 211003009 - mario rio.pdf

Download (1MB)

Abstract

Selat Kanmon Kaikyo adalah salah satu rute pelayaran yang paling ramai di Jepang, dengan kondisi geografis yang sempit serta arus yang kuat dan sering berubah. Keadaan ini menimbulkan tantangan yang besar bagi pergerakan kapal, khususnya berkaitan dengan pengendalian dan keselamatan dalam navigasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh arus laut terhadap manuver kapal saat melewati selat Kanmon Kaikyo, serta menilai peran penting Nakhoda dalam menghadapi kondisi arus yang berubah-ubah. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan cara mengumpulkan data melalui kajian kepustakaan terhadap jurnal, laporan pelayaran, observasi, wawancara, dan dokumen ilmiah yang relevan. Analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk memahami data dan menjelaskan secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus pasang surut di selat Kanmon Kaikyo dapat mencapai 2- 3 knot, yang berpotensi menyebabkan penyimpangan jalur kapal dan meningkatkan kemungkinan terjadi tubrukan. Kemampuan dan ketepatan keputusan Nakhoda menjadi kunci menjaga stabilitas dan keselamatan pelayaran. Studi ini menekankan pentingnya pemahaman arus laut dan penerapan strategi manuver yang fleksibel di perairan sempit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 211003009
Uncontrolled Keywords: Arus laut, Manuver kapal, selat Kanmon Kaikyo, Navigasi kapal
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92403 D3-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 26 Sep 2025 04:13
Last Modified: 26 Sep 2025 04:13
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item
View Item