ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA BREAK DOWN SYSTEM PADA AUXILIARY ENGINE YANMAR TYPE 6HAL2-DTN DI KAPAL MT. MUNDU

Sunjaka, Risky Cecar and Harsono, Prijo and Kiswanto, Heri (2025) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA BREAK DOWN SYSTEM PADA AUXILIARY ENGINE YANMAR TYPE 6HAL2-DTN DI KAPAL MT. MUNDU. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
JUDUL-DAFLAM - Risky Cecar Sunjaka (1).pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 - Risky Cecar Sunjaka.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 - Risky Cecar Sunjaka.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2025.

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 - Risky Cecar Sunjaka.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2025.

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.. - Risky Cecar Sunjaka.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2025.

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 - Risky Cecar Sunjaka.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2025.

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS - Risky Cecar Sunjaka.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Risky Cecar Sunjaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Auxiliary Engine atau Diesel Generator merupakan komponen vital pada sistem kelistrikan kapal. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kerusakan sistem pelumasan yang menyebabkan terjadinya Break Down System. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kerusakan pada Auxiliary Engine YANMAR tipe 6HAL2-DTN di kapal MT. MUNDU, mengidentifikasi dampaknya, serta merumuskan upaya pencegahan kerusakan yang berulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung selama kegiatan Praktek Laut (Prala). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan pada Auxiliary Engine disebabkan oleh tersumbatnya Oil Jet akibat sisa-sisa silicon yang tidak tersaring, sehingga menyebabkan pelumasan pada Connecting Rod tidak optimal. Akibatnya, terjadi keausan berlebih pada komponen internal mesin dan pecahnya dinding Cylinder nomor 6. Kerusakan ini berdampak pada terganggunya operasional kapal, terutama saat proses discharge, serta menimbulkan Time Delay dalam pelayaran. Upaya perbaikan yang dilakukan meliputi General Overhaul dengan mengganti sejumlah komponen utama serta perawatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200902013
Uncontrolled Keywords: Auxiliary Engine, Break Down System, Pelumasan, Oil Jet, General Overhaul, Planned Maintenance System (PMS).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:36
Last Modified: 24 Sep 2025 08:36
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item