Budi, Muhammad Dandy Setya and Santoso, Hero Budi and Kumara, Rahindra Bayu (2025) NAVIGASI BAHAYA: ANALISIS RISIKO KEAMANAN AWAK DAN KAPAL DALAM SERANGAN PEMBAJAKAN M.V SIAM DI PERAIRAN LAUT MERAH. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
SKRIPSI_DANDY_hal awal - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Download (320kB)
SKRIPSI_DANDY_BAB 1 - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Download (248kB)
SKRIPSI_DANDY_BAB 2 - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2025.
Download (311kB) | Request a copy
SKRIPSI_DANDY_BAB 3 - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2025.
Download (273kB) | Request a copy
SKRIPSI_DANDY_BAB 4 - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2025.
Download (443kB) | Request a copy
SKRIPSI_DANDY_ BAB 5 - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2025.
Download (195kB) | Request a copy
SKRIPSI_DANDY_DAFPUS - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Download (179kB)
SKRIPSI_DANDY_LAMPIRAN - Muhammad Dandy Setya Budi.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembajakan maritim di Laut Merah, jalur pelayaran global yang kritis, menimbulkan risiko serius terhadap keselamatan awak dan kapal, seperti yang terjadi pada upaya pembajakan di MV. Siam. Penelitian ini menganalisis risiko keamanan awak dan kapal selama insiden tersebut, bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko, menilai dampak, dan mengevaluasi langkah mitigasi. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan awak MV. Siam, dan dokumentasi dari Oktober 2023 hingga November 2024. Hasil menunjukkan risiko internal, seperti kurangnya pelatihan awak, tidak adanya citadel, dan minimnya perawatan peralatan keselamatan, serta risiko eksternal seperti eskalasi agresi perompak dan terbatasnya dukungan eksternal. Dampaknya meliputi stres awak, gangguan operasional, dan potensi kerusakan kapal, terutama kapal single-bottom. Mitigasi melibatkan kepatuhan terhadap ISPS Code, latihan rutin, dan komunikasi yang ditingkatkan dengan otoritas seperti UKMTO. Penelitian menyimpulkan bahwa pelatihan komprehensif dan protokol keselamatan yang kuat dapat mengurangi risiko. Penelitian ini berkontribusi pada keamanan maritim dengan memberikan wawasan tentang manajemen risiko dan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kesiapan awak dan keselamatan kapal di wilayah berisiko tinggi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 200904019 |
| Uncontrolled Keywords: | Pembajakan Maritim, Keselamatan Awak, ISPS Code |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika |
| Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:19 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 08:19 |
| URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/317 |
