ANALISA PROSES PENYELAMATAN MAN OVERBOARD (MOB) DI MT. NEW HARMONY PADA SAAT STERN LINE BUNKERING (SLB) DENGAN MT. TAIYO MARU

Casta Diennata, Ihza Mahendra Arrohiem (2024) ANALISA PROSES PENYELAMATAN MAN OVERBOARD (MOB) DI MT. NEW HARMONY PADA SAAT STERN LINE BUNKERING (SLB) DENGAN MT. TAIYO MARU. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
01-HALAMAN JUDUL - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
02-BAB I - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
03-BAB II - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
04-BAB III - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
05-BAB IV - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
06-BAB V - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07-DAFTAR PUSTAKA - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
08-LAMPIRAN - Ihza Mahendra Arrohiem Casta Diennata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insiden Man Overboard (MOB) dalam pelayaran di laut lepas merupakan risiko yang tinggi bagi industri pelayaran. Hal ini dapat berdampak pada kerugian yang dialami pihak kapal, perusahaan, maupun korban itu sendiri. Dalam situasi ini, tugas dan tanggung jawab kru kapal dalam proses evakuasi sangat penting bagi keselamatan korban. Berdasarkan pengalaman peneliti saat berlayar, peneliti mengalami insiden MOB pada saat proses stern line bunkering dengan MT. Taiyo Maru. Dengan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengangkat judul “ANALISA PROSES PENYELAMATAN MAN OVERBOARD (MOB) DI MT. NEW HARMONY PADA SAAT STERN LINE BUNKERING (SLB) DENGAN MT. TAIYO MARU”. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dengan Nahkoda, chief officer dan third officer. Dari hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya insiden MOB adalah: Prosedur penurunan rescue boat yang dilakukan tidak sesuai standar keselamatan, kurangnya pemeriksaan dan perawatan pada tali sebagai alat penunjang rescue boat, alat-alat keselamatan yang sudah tidak layak, drill MOB yang dilakukan tidak sesuai jadwal yang seharusnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya insiden MOB antara lain: Melakukan proses perawatan dan pemindahan rescue boat yang sesuai dengan prosedur keselamatan, melakukan pengecekan dan maintenance secara berkala terhadap alat-alat keselamatan, melaksanakan drill tentang MOB, Melakukan safety meeting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 180704033
Uncontrolled Keywords: Man overboard (MOB), Rescue boat, Alat-alat keselamatan, Bunker, Penyelamatan.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 10 Oct 2024 07:47
Last Modified: 10 Oct 2024 07:47
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item
View Item