EVALUASI STRATEGI PELAYANAN JASA KEAGENAN KAPAL PT SAMUDERA MAKMUR AGENSI UNTUK MENGURANGI KETERLAMBATAN KEBERANGKATAN KAPAL DI PELABUHAN TANJUNG PERAK

RIZALDY, MOCHAMMAD NASRUL (2024) EVALUASI STRATEGI PELAYANAN JASA KEAGENAN KAPAL PT SAMUDERA MAKMUR AGENSI UNTUK MENGURANGI KETERLAMBATAN KEBERANGKATAN KAPAL DI PELABUHAN TANJUNG PERAK. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMAN JUDUL - DAFTAR LAMPIRAN - Nasrul Rizaldy.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN NASRUL - Nasrul Rizaldy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pelayanan jasa keagenan kapal PT Samudera Makmur Agensi dalam mengurangi keterlambatan keberangkatan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak. Penelitian ini difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan keberangkatan kapal dan bagaimana strategi pelayanan yang diterapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang temuan, seperti menguraikan karakteristik, pola hubungan, dan variasi dalam data Kemudian dilakukan analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi keterlambatan keberangkatan kapal meliputi kurangnya petugas pandu, kegiatan bongkar muat, lamanya waktu pengurusan dokumen, serta kurangnya pengetahuan mengenai draft aman kapal. Strategi pelayanan yang efektif untuk mengurangi keterlambatan mencakup peningkatan kecepatan dan ketepatan waktu pengurusan dokumen, penambahan personil, peningkatan dan penerapan standar operasional prosedur yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200901070
Uncontrolled Keywords: faktor penyebab keterlambatan kapal, keagenan kapal, keterlambatan keberangkatan kapal, strategi pelayanan keagenan kapal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Bisnis Maritim > 39303 D4-Transportasi Laut
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:17
Last Modified: 23 Aug 2024 07:36
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item
View Item