STUDI KUALITATIF FAKTOR NILAI IDLE TIME (IT) TERHADAP KEGIATAN BONGKAR MUAT KAPAL PADA PT BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA

Nugroho, Surya Agung (2024) STUDI KUALITATIF FAKTOR NILAI IDLE TIME (IT) TERHADAP KEGIATAN BONGKAR MUAT KAPAL PADA PT BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMANJUDUL - Surya Agung.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SKRIPSI_BAB I - Surya Agung.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SKRIPSI_BAB II - Surya Agung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SKRIPSI_BAB III - Surya Agung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SKRIPSI_BAB IV - Surya Agung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
SKRIPSI_BAB V - Surya Agung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA - Surya Agung.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI_LAMPIRAN - Surya Agung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Terminal peti kemas yang efektif mengacu pada sejauh mana efisiensi dan hasil yang optimal dapat dicapai dalam proses pengangkutan serta penanganan peti kemas terhitung sejak awal kapal ikat tali pertama sampai lepas tali terakhir. Semakin efektif kegiatan bongkar muat terminal peti kemas maka semakin sedikit waktu terbuang atau menganggur (idle time). Penelitian ini bertujuan untuk menganalis faktor – faktor yang mempengaruhi nilai idle time dalam kegiatan bongkar muat kapal serta dampaknya terhadap efisiensi operasional terminal pada PT Berlian Jasa Terminal Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pihak manajemen operasional, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat faktor utama yang mempengaruhi nilai idle time, yaitu kesalahan manusia yang paling berdampak adalah kurangnya keterampil operator dan mekanik, lambatnya perencanaan kegiatan muat, serta kurangnya jumlah operator. Kendala teknis meliputi kerusakan alat bongkar muat dan sistem aplikasi yang mengalami gangguan. Faktor alam yang mempengaruhi adalah cuaca buruk yang menggangu kegiatan bongkar muat, meskipun dampaknya tidak signifikan. Kecepatan bongkar muat dipengaruhi oleh keterampilan sumber daya manusia dan jumlah alat yang tersedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200901080
Uncontrolled Keywords: Idle Time, Bongkar Muat, Efisiensi, Operasional, Terminal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Bisnis Maritim > 39303 D4-Transportasi Laut
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:56
Last Modified: 15 Aug 2024 02:56
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item
View Item