PENGARUH KERUSAKAN SEAL CENTRAL COOLER SEBAGAI PENDINGIN MESIN INDUK TYPE 543 C DI KM. BINAIYA

Nur Rohman, Tomi Arif (2023) PENGARUH KERUSAKAN SEAL CENTRAL COOLER SEBAGAI PENDINGIN MESIN INDUK TYPE 543 C DI KM. BINAIYA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN - tomiarif Arif.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - tomiarif Arif.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - tomiarif Arif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - tomiarif Arif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - tomiarif Arif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - tomiarif Arif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - tomiarif Arif.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - tomiarif Arif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendinginan di kapal adalah suatu komponen penting di sistem permesinan kapal yang berfungsi untuk menurunkan temperatur panas di dalam mesin. Pada saat terjadi kebocoran supplay air dari pompa kurang bisa mengakibatkan overheat pada mesin induk. Tujuan dari pendinginan tersebut untuk menjaga stabilitas mesin induk agar tidak mengalami overheat. Salah satu penyebab overheat adalah kerusakan pada rubber seal di central cooler yang mengakibatkan bocornya central cooler pada bagian rubber seal. Kinerja yang baik pada sistem pendingin air tawar (fresh water cooler) sangat dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan secara berkala. Hal ini berkaitan dengan tindakan serta perawatan yang dilakukan secara berkala untuk menjaga kondisi mesin pendingin tetap stabil. Penelitian ini dilakukan di kapal KM. Binaiya dikelola oleh PT. Pelayaran Nasional Indonesia. Rusaknya rubber seal terjadi akibat kekencangan baut tidak merata yang menyebabkan kebocoran pada central cooler yang berakibat mesin induk menjadi overheat. Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui
sebab fresh water cooler tidak bekerja dengan maksimal pada kapal KM. Binaiya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor yang menyebabkan fresh water cooler
mengalami overheat yaitu saringan sea chest kotor, cooler kotor. Dari hasil penelitian tersebut crew kapal perlu mengoptimalisasikan perawatan fresh water dan memperbaiki rubber seal central cooler agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 180702022
Uncontrolled Keywords: rubber seal, central cooler, fresh water cooler
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:47
Last Modified: 25 Jul 2024 02:08
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item