Anang, Anang and Sutantyo, Erwin and Purwanto, Purwanto (2025) ANALISIS KEBOCORAN PLAT DI PALKA 3 PADA MV. MALACCA STRAIT PADA SAAT BONGKAR MUAT. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
HALAMAN DEPAN - ANANG.pdf
Download (329kB)
BAB I mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Download (184kB)
BAB II mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2025.
Download (341kB) | Request a copy
BAB III mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2025.
Download (54kB) | Request a copy
BAB IV mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2025.
Download (317kB) | Request a copy
BAB V mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2025.
Download (70kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Download (105kB)
LAMPIRAN mas anang - D3 Nautika Rahmad Yuli Suprasetyo.pdf
Download (581kB)
Abstract
Kebocoran plat di Palka 3 kanan MV. Malacca Strait teridentifikasi saat akan melakukan proses cleaning atau pembersihan palka setelah memuat Nikel dan kemudian kapal akan memuat semen. Penulis menemukan adanya kebocoran plat di palka 3 sehingga air ballast masuk ke palka dari tanki ballast no. 4. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kebocoran di plat palka, menganalisis dampak yang akan ditimbulkan apabila terjadi kebocoran di plat palka, dan menganalisis upaya untuk mengatasi kebocoran plat palka 3 kanan. Penelitian ini menemukan bahwa kebocoran di plat Palka 3 bagian kanan MV. Malacca Strait terjadi karena tekanan berlebih akibat penggunaan wheel loader selama bongkar muat tanpa pelindung lantai yang memadai, kondisi lingkungan lembap dan korosif yang mempercepat degradasi material, dan kurangnya inspeksi serta pemeliharaan rutin. Selain itu, dampaknya bersifat multidimensional yakni: gangguan operasional seperti perlambatan bongkar muat dan penyesuaian ulang jadwal sandar, meningkatnya risiko keselamatan bagi awak kapal, serta gangguan kredibilitas kapal di mata pemilik barang dan pihak pelabuhan karena keterlambatan yang berulang. Temuan ini menunjukkan bahwa upaya penanganan yang dilakukan oleh awak kapal meliputi: perbaikan teknis struktural secara menyeluruh, penataan ulang prosedur bongkar muat untuk meminimalkan tekanan fisik terhadap lantai palka, dan penguatan koordinasi antardivisi serta komunikasi proaktif dengan pihak eksternal guna menjaga kepercayaan dalam sistem pelayaran. Selain itu, penelitian ini berupaya menjembatani antara realitas di dek dan kebutuhan pembaruan sistem pemeliharaan dalam industri maritim.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 180704025 |
| Uncontrolled Keywords: | Kebocoran plat, palka, bongkar muat, general kargo |
| Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
| Divisions: | Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika |
| Depositing User: | admin2 admin2 admin2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:43 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:43 |
| URI: | http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/382 |
