PENYEBAB AIR PENDINGIN MASUK PADA SISTEM MINYAK LUMAS MESIN CATERPILLAR 3046C KAPAL SPOB ARS 09

Royan, Muhammad Aushaf and Ngatmin, Ngatmin and Sari, Dhesi Wulan (2025) PENYEBAB AIR PENDINGIN MASUK PADA SISTEM MINYAK LUMAS MESIN CATERPILLAR 3046C KAPAL SPOB ARS 09. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN - MUHAMMAD AUSHAF ROYAN.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - muhammad aushaf royan5.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - muhammad aushaf royan5.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - muhammad aushaf royan5.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - muhammad aushaf royan5.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - muhammad aushaf royan5.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - muhammad aushaf royan.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - muhammad aushaf royan5.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mesin induk kapal memiliki peran vital sebagai penggerak utama sistem propulsi kapal. Salah satu kendala serius yang sering terjadi pada mesin diesel adalah kebocoran air pendingin ke dalam sistem minyak pelumas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab utama kebocoran air pendingin pada sistem minyak pelumas mesin induk tipe CATERPILLAR 3046C di kapal SPOB ARS 09. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi langsung, dan studi dokumentasi selama masa praktik di kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kebocoran adalah kerusakan pada O-Ring cylinder liner yang menyebabkan air pendingin masuk ke oil carter dan bercampur dengan minyak pelumas. Emulsifikasi yang terjadi berdampak pada penurunan efektivitas pelumasan, peningkatan keausan komponen, serta risiko kerusakan permanen pada mesin. Penanganan dilakukan dengan mengganti O-Ring, melakukan flushing sistem pelumasan, serta penggantian oli secara menyeluruh. Pencegahan dapat dilakukan melalui perawatan berkala sesuai manual book. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman serta solusi praktis dalam mencegah dan menangani kebocoran sistem pendingin pada mesin diesel kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 221102019
Uncontrolled Keywords: Mesin Induk, Air Pendingin, Sistem Pelumas.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:43
Last Modified: 07 Nov 2025 07:43
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item
View Item