OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN JASA KEAGENAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PT SERASI SHIPPING INDONESIA CABANG MERAK

Darmawan, Fadilah Ridho and Anggoro, Retno and Masriah, Masriah (2025) OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN JASA KEAGENAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PT SERASI SHIPPING INDONESIA CABANG MERAK. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
Skripsi (PDF)_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2025.

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Fadilah Ridho D - Fadilah Ridho.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keunggulan kompetitif PT Serasi Shipping Indonesia Cabang Merak. Masalah utamanya adalah ketidakseimbangan beban kerja akibat keterbatasan SDM, yang memengaruhi efektivitas pelayanan keagenan kapal. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan kuesioner kepada 50 kru kapal. Data dianalisis dengan pendekatan SEM-PLS dan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variable berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif, dengan nilai original sampel antara 0,196–0,293 dan nilai R-square sebesar 0,796. Hasil uji t-statistik dan p- value masing-masing adalah: kecepatan dan ketepatan waktu (t = 2,050; p = 0,020), komunikasi dan koordinasi (t = 2,915; p = 0,002), kecepatan respon (t = 1,699; p = 0,045), dan jaringan hubungan (t = 3,225; p = 0,001), yang semuanya signifikan (t > 1,676; p < 0,1). Seluruh indikator telah memenuhi kriteria validitas (AVE > 0,5), reliabilitas (CR > 0,8), dan konsistensi internal (cronbach’s alpha > 0,7). Setiap variabel kualitas pelayanan terbukti berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Efisiensi waktu, koordinasi lintas unit, ketanggapan, dan penguatan jaringan hubungan kerja menjadi faktor utama yang perlu dioptimalkan sebagai strategi untuk mempertahankan daya saing di industri keagenan kapal yang kompetitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 211001008
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, keunggulan kompetitif, keagenan kapal, SEM, SmartPLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Bisnis Maritim > 39303 D4-Transportasi Laut
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:56
Last Modified: 04 Sep 2025 07:56
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item
View Item