ANALISIS DAMPAK KEPADATAN KAPAL TERHADAP PROSES SANDAR OLEH PT GLOBAL LOGISTIK AGENSI DI PELABUHAN MASPION GRESIK

Abdillah, Nabil Reza and Asfirah, Lia Retian and Retnandari, Septina Dwi (2025) ANALISIS DAMPAK KEPADATAN KAPAL TERHADAP PROSES SANDAR OLEH PT GLOBAL LOGISTIK AGENSI DI PELABUHAN MASPION GRESIK. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
SKRIPSI NABIL REZA - Nabil Reza.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SKRIPSI NABIL REZA_BAB 1 - Nabil Reza.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SKRIPSI NABIL REZA_BAB 2 - Nabil Reza.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SKRIPSI NABIL REZA_BAB 3 - Nabil Reza.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SKRIPSI NABIL REZA_BAB 4 - Nabil Reza.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
SKRIPSI NABIL REZA_BAB 5 - Nabil Reza.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2025.

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI NABIL REZA_DAFTAR PUSTAKA - Nabil Reza.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI NABIL REZA_LAMPIRAN - Nabil Reza.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kepadatan kapal terhadap proses sandar kapal yang diageni oleh PT Global Logistik Agensi di Pelabuhan Maspion Gresik. Permasalahan kepadatan kapal di pelabuhan ini sering menimbulkan antrean panjang di area labuh yang berdampak pada deviasi jadwal Estimated Time of Arrival (ETA) dan Estimated Time of Berthing (ETB). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik triangulasi berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti tingginya jumlah kapal yang datang bersamaan, keterbatasan kapasitas dermaga, waktu tunggu kapal yang panjang, cuaca, serta koordinasi antarinstansi yang belum optimal merupakan penyebab utama terjadinya antrean atau keterlambatan sandar. Dampak yang ditimbulkan meliputi meningkatnya waktu tunggu di area labuh, pembengkakan biaya operasional kapal, perubahan jadwal bongkar muat, hingga potensi deviasi ke pelabuhan alternatif. Sebagai strategi mengatasi hal tersebut, PT Global Logistik Agensi menerapkan pengaturan ulang jadwal kedatangan kapal, percepatan pengurusan dokumen Pemberitahuan Kedatangan Kapal (PKK), memorandum, SPOG dan SPB melalui sistem digital, memperkuat koordinasi dengan otoritas pelabuhan dan nahkoda, serta melakukan opsi deviasi ke pelabuhan terdekat bila antrean sudah melebihi kapasitas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan acuan bagi pengelola pelabuhan, agen kapal, maupun pihak terkait lainnya dalam meningkatkan efisiensi proses sandar kapal, mengurangi antrean di area labuh, serta mendukung kelancaran rantai logistik di Pelabuhan Maspion Gresik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 211001017
Uncontrolled Keywords: Vessel Congestion; Berthing Process; Waiting Time; Maspion Port Gresik.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Bisnis Maritim > 39303 D4-Transportasi Laut
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 01 Sep 2025 11:01
Last Modified: 01 Sep 2025 11:01
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item