ANALISIS KEBOCORAN DAN PROSES REPARASI CARGO TANK PADA MT. DAMAI SEJAHTERA 8 DI LAMONGAN SHIPYARD

Sulistiyani, Vina and Sutantyo, Erwin and Marselia, Marselia (2025) ANALISIS KEBOCORAN DAN PROSES REPARASI CARGO TANK PADA MT. DAMAI SEJAHTERA 8 DI LAMONGAN SHIPYARD. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman judul - Vina Sulistiyani.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 - Vina Sulistiyani.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 - Vina Sulistiyani.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 - Vina Sulistiyani.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 - Vina Sulistiyani.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 - Vina Sulistiyani.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Vina Sulistiyani.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Vina Sulistiyani.pdf

Download (849kB)

Abstract

Cargo tank pada kapal tanker memiliki peran yang sangat krusial dalam pengangkutan berbagai jenis muatan dalam bentuk cair, seperti minyak mentah, produk olahan minyak, dan bahan bakar. Namun, kurangnya perawatan yang optimal dapat menyebabkan berbagai permasalahan, salah satunya kebocoran akibat korosi pada cargo tank, sehingga menyebabkan kondisi tangki tersebut terjadi kerusakan hingga kebocoran yang cukup besar dan mengharuskan untuk dilakukan reparasi (docking). Kebocoran pada cargo tank mempunyai dampak serius terhadap stabilitas kapal dan sistem pemuatan dan pembongkaran, hingga termasuk dalam menghambat proses operasional kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab terjadinya kebocoran, upaya dalam penanggulangan, dan bagaimana prosedur dalam proses raparasi pada saat di pengedokan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan root cause analysis (RCA) yang digabungkan dengan fishbone diagram. Teknik pengumpulan data mencakup observasi langsung di lapangan, wawancara dengan ketiga narasumber, dan dokumentasi berupa gambar sebagai penguat data penelitian, dengan obejek penelitian berupa proses reparasi pada cargo tank di pengedokan pada MT. Damai Sejahtera 8. Hasil penelitian ini mengungkapkan lima faktor yang menjadi sebab terjadinya kebocoran pada kapal yaitu terdiri dari faktor manusia, material, metode, lingkungan, dan peralatan. Sebagai upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali, hal yang paling diutamakan adalah dengan melakukan daily maintenance dan menerapkan sistem inspeksi berkala yang sudah ditetapkan sesuai standar operasional prosedur. Dengan beberapa penerapan langkah-langkah preventif ini, diharapkan kapal lebih aman serta mampu meminimalkan resiko kerusakan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi tindakan yang perlu dilakukan untuk menanggulangi kebocoran di masa mendatang dengan fokus pada faktor-faktor penyebab yang telah diidentifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200904026
Uncontrolled Keywords: Cargo Tank, Docking, Kapal Tanker, Daily Maintenance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:10
Last Modified: 11 Aug 2025 04:10
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item
View Item