PENANGANAN KERUSAKAN CARGO PUMP TIPE KCB-1600 GUNA KELANCARAN PROSES BONGKAR MUAT DI SPOB SEA WORLD ONE

Lutfinanda, Willy and Harsono, Prijo and Kiswanto, Heri (2025) PENANGANAN KERUSAKAN CARGO PUMP TIPE KCB-1600 GUNA KELANCARAN PROSES BONGKAR MUAT DI SPOB SEA WORLD ONE. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN PERNYATAAN - Ham Jarwok..pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 Willy (1) - Ham Jarwok..pdf

Download (672kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 WILLY - Ham Jarwok..pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2025.

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 Willy (1) - Ham Jarwok..pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2025.

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 WILLY - Ham Jarwok..pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2025.

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab 5 Willy (1) - Ham Jarwok..pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2025.

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WILLY - Ham Jarwok..pdf

Download (9kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN WILLY - Ham Jarwok..pdf

Download (1MB)

Abstract

Cargo pump merupakan sistem vital dalam proses pemindahan bahan bakar pada kapal jenis SPOB (Self Propelled Oil Barge), di mana performa pompa sangat bergantung pada kondisi komponen utamanya, salah satunya adalah shaft kopling. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyebab kerusakan shaft kopling pada cargo pump tipe KCB-1600 di kapal SPOB Sea World One, serta mengevaluasi dampaknya terhadap efisiensi proses bongkar muat bahan bakar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi langsung di lapangan, wawancara dengan Kepala Kamar Mesin (KKM), serta dokumentasi kegiatan perawatan selama praktik laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keausan pada shaft kopling disebabkan oleh kurangnya pelumasan serta tidak optimalnya penerapan sistem Planned Maintenance System (PMS). Dampak kerusakan ini menyebabkan penurunan tekanan inlet dan outlet, flowrate menurun, muncul suara abnormal, serta keterlambatan dalam proses bunker service. Tindakan penanganan dilakukan melalui proses pembubutan shaft untuk mengembalikan dimensi sesuai standar, serta penguatan pelaksanaan prosedur operasional yang mencakup inspeksi rutin, pelumasan berkala, dan pengawasan jam kerja pompa. Evaluasi kinerja pompa setelah perawatan menunjukkan peningkatan signifikan, dengan tekanan dan flowrate kembali ke batas normal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi PMS yang konsisten, pemeliharaan preventif yang disiplin, serta peningkatan kesadaran teknis kru sangat penting dalam mencegah kerusakan berulang dan menjaga efisiensi sistem cargo pump. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan keandalan sistem pemompaan di kapal tanker maupun kapal distribusi BBM lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 221102029
Uncontrolled Keywords: Cargo pump, shaft kopling, pemeliharaan, flowrate.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:19
Last Modified: 01 Aug 2025 03:19
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item
View Item