ANALISA STABILITAS KAPAL SAAT MUAT BATU BARA UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN DI MV. INTAN DAYA 228

Atmaja, Rizky Surya (2024) ANALISA STABILITAS KAPAL SAAT MUAT BATU BARA UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN DI MV. INTAN DAYA 228. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN - Rizky Surya.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Rizky Surya.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - Rizky Surya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - Rizky Surya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - Rizky Surya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - Rizky Surya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Rizky Surya.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Rizky Surya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Sebuah kapal harus mampu berlayar dengan baik agar tidak terjadi kecelakaan di laut dan menimbulkan banyak korban. Stabilitas pada kapal sangat berpengaruh pada keseimbangan agar kapal dapat kembali ke posisi semula ketika terkena ombak dari kanan atau kiri. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya kru dalam menjaga stabilitas kapal. Stabilitas kapal dapat di jaga dengan mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi stabilitas kapal. Penulisan ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti mengumpulkan data berupa wawancara, foto, dokumen pribadi, dan dokumen arsip lainnya. Sehingga dapat menggambarkan tentang fenomena yang terjadi dalam kondisi yang sebenar- benarnya pada saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi stabilitas kapal yaitu factor internal dan eksternal. Faktor internal tersebut adalah kurangnya komunikasi dan kelalaian kru. Hanya ada satu faktor eksternal yang terjadi di kapal intan daya yaitu faktor cuaca. Saat terjadi kemiringan pada kapal ditemukan beberapa upaya yang dilakukan kru yaitu: awak kapal saling berkoordinasi dan memberi laporan terkait adanya kemiringan kapal. Kemudian, kru mengecek palka dan jika ada kemiringan dapat di atasi dengan cara mengisi tanki ballast.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 190803016
Uncontrolled Keywords: Stabilitas, Kemiringan, Faktor internal, Faktor eksternal.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92403 D3-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:24
Last Modified: 02 Oct 2024 04:24
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item
View Item