ANALISIS PERAWATAN LIFEBOAT MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI KAPAL MT. KIRANA QUARTYA

Haikal, Fikri (2024) ANALISIS PERAWATAN LIFEBOAT MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI KAPAL MT. KIRANA QUARTYA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN - Fikri Haikal.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - Fikri Haikal.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - Fikri Haikal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - Fikri Haikal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - Fikri Haikal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - Fikri Haikal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Fikri Haikal.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Fikri Haikal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kejadian yang terjadi di kapal MT. Kirana Quartya pada saat pelaksanaan abandonship drill tanggal 01 Juli 2023. Ketika awak kapal bersiap untuk melaksanakan drill yang telah dijadwalkan davit lifeboat yang merupakan komponen penting dalam sistem keselamatan kapal mengalami kegagalan fungsi yang menyebabkan terhambatnya kegiatan drill dan juga ditemukan beberapa bagian lifeboat yang harus diganti karena dinilai sudah tidak layak pakai seperti wire lifeboat dan food ration yang sudah melebihi tanggal kadaluwarsa. Dalam penulisan Tugas Akhir ini peneliti menggunakan mix method dengan pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif yang kemudian dideskripsikan. Metode penelitian yang digunakan dalam proses analisis perawatan lifeboat adalah metode Reliability Centered Maintenance (RCM) yang terdiri dari empat langkah yaitu FBD, FMEA, LTA dan Task Selection. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa peneliti menguraikan tentang hasil-hasil yang diperoleh selama dilaksanakannya penelitian, yaitu dengan menggunakan Functional Block Diagram dapat menggambarkan fungsi dari sistem penggunaan lifeboat dengan urutan operasi, berdasarkan nilai RPN tertinggi sebesar 6.384 memperlihatkan Boat Winch sebagai komponen prioritas yang memiliki resiko paling tinggi, pada analisis tingkat kritis tiap komponen yang dianalisis diketahui 5 dari 6 komponen dapat membahayakan keselamatan kerja jika terjadi kegagalan dan diketahui 5 dari 6 komponen yang dianalisis dapat menyebabkan sebagian atau keseluruhan sistem terhenti dan hasil penyusunan Task Selection, pada komponen lifeboat yang dianalisis terdapat 1 komponen yang dapat diatasi secara Time Directed (TD) yaitu perawatan yang dilakukan dengan mengamati dan memeriksa secara berkala, 1 komponen yang dapat diatasi secara Failure Finding (FF) yaitu perawatan dengan melakukan pemeriksaan secara berkala untuk menemukan adanya kerusakan pada komponen dan 4 komponen yang dapat diatasi secara Condition Directed (CD) yaitu perawatan dengan melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memprediksi kapan terjadinya kerusakan atau kegagalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 190803007
Uncontrolled Keywords: Perawatan lifeboat, RCM
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92403 D3-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:52
Last Modified: 13 Sep 2024 02:52
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item
View Item