PENGARUH KERETAKAN SHAFT KOPLING PADA POMPA KARGO TERHADAP KINERJA POMPA DI SPOB.SEA WORLD ONE

Nafis, Ragil Zaghlul (2023) PENGARUH KERETAKAN SHAFT KOPLING PADA POMPA KARGO TERHADAP KINERJA POMPA DI SPOB.SEA WORLD ONE. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
Halaman Depan - Ragil Zaghlul Nafis.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Tugas Akhir Teknika 2023_Ragil Zaghlul Nafis_200902011 - Ragil Zaghlul Nafis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)

Abstract

Tugas akhir ini membahas pengaruh retaknya shaft kopling terhadap kinerja pompa kargo berjenis pompa roda gigi di SPOB Sea World One. Ditemukan kerusakan pada shaft kopling yang ditandai dengan turunnya flowrate pompa pada kapal saat dilakukan bunker service. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya keretakan shaft kopling, serta mengetahui dampak dari keretakan tersebut, dan upaya penanganan yang dilakukan pada shaft kopling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa penjelasan secara tertulis. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data berupa pendekatan terhadap objek penelitian melalui observasi dan wawancara secara langsung serta mengambil data dari kapal. Berdasarkan hasil penanganan didapatkan kesimpulan bahwa dampak dari keretakan shaft menimbulkan suara bising akibat terdapat gap (jarak) dan turunnya tekanan pompa. Serta didapatkan faktor penyebab keretakan shaft yaitu kurangnya penerapan planned maintenance system di atas kapal pada pompa kargo sehingga menyebabkan pompa mengalami over running hours. Pembubutan dilakukan sebagai upaya penanganan pada shaft kopling supaya diameter shaft kopling kembali seperti kondisi normal yaitu sebesar 12 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200902011
Uncontrolled Keywords: perawatan, pompa kargo, shaft kopling
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:13
Last Modified: 11 Sep 2024 04:13
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item