OPTIMALISASI PERAWATAN POMPA BALLAST GUNA KELANCARAN PENGOPERASIAN KAPAL MV. SIMORE

RUSDIANTO, YUDA (2023) OPTIMALISASI PERAWATAN POMPA BALLAST GUNA KELANCARAN PENGOPERASIAN KAPAL MV. SIMORE. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN DEPAN - Yuda Rusdianto.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 - yuda rusdianto.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 - yuda rusdianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 - yuda rusdianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 - yuda rusdianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 - yuda rusdianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - yuda rusdianto.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - yuda rusdianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis melakukan praktek di MV. SIMORE, dengan dilatarbelakangi kejadian penurunan tekanan pompa ballast, yang mengakibatkan performa pompa ballast menurun. Tujuan dari tugas akhir ini adalah 1) untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan tekanan pompa ballast menurun. 2) mengetahui dampak negatif yang disebabkan oleh penurunan tekanan pompa ballast. 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan agar tekanan pompa ballast tidak menurun. Manfaat dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menambah wawasan dan sumbangan pemikiran untuk dapat menyelesaikan masalah bagi seluruh bagian terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dengan metode editing, sehingga untuk menyempurnakan tugas akhir ini dilakukan pengeditan atau perubahan dengan menggunakan media yang tersedia dan dapat diselesaikan dengan baik dan benar. Hasil penelitian yang didapat dari faktor-faktor yang menyebabkan penurunan tekanan pompa ballast adalah 1) ausnya gland packing pada pembatas pompa dan pipa. 2) korosi yang terjadi pada bagian rumah pompa. 3) Sparepart yang kurang memadai. Adapun upaya yang dilakukan adalah memperhatikan perawatan pada komponen pompa, rutin pengecekan sistem pendinginan. Sehingga permasalahan tersebut dapat diminimalisir atau dihindari agar performa pompa ballast selalu dalam kondisi yang stabil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 180702024
Uncontrolled Keywords: pompa ballast, penurunan, korosi
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknika > 92402 D3-Teknika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:36
Last Modified: 04 Sep 2024 02:36
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item