ANALISIS PENGARUH HUMAN CAPITAL PADA PERUSAHAAN JASA KEAGENAN KAPAL PT. OREMUS BAHARI MANDIRI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS CUSTOMER

Kurnia, Dwi Putra (2024) ANALISIS PENGARUH HUMAN CAPITAL PADA PERUSAHAAN JASA KEAGENAN KAPAL PT. OREMUS BAHARI MANDIRI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS CUSTOMER. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
halaman judul-daftar lampiran - Dwi Putra.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
bab 1 skripsi - Dwi Putra.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
bab 2 skripsi - Dwi Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
bab 3 skripsi - Dwi Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab 4 skripsi - Dwi Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab 5 skripsi - Dwi Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pusaka - Dwi Putra.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran (2) - Dwi Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh human capital terhadap tingkat kepuasan dan loyalitas customer di perusahaan jasa keagenan kapal, PT. Oremus Bahari Mandiri. Human capital yang dimaksud mencakup tiga aspek utama yaitu skill, knowledge, dan attitude dari sumber daya manusia (SDM). Studi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran human capital dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan daya saing pada lingkungan bisnis yang semakin berubah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada customer PT. Oremus Bahari Mandiri sebanyak 45 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah customer dari perusahaan yang terdiri dari PGN Saka dan PETRONAS, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling. Alat uji analisis menggunakan smart pls 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skill memiliki nilai sampel asli sebesar 0,416 dan nilai P sebesar 0,000, dapat disimpulkan bahwa keterampilan memainkan peran kunci dalam menentukan tingkat loyalitas dan kepuasan. Knowledge memiliki nilai sampel asli sebesar 0,369 dan nilai P sebesar 0,000 mengindikasikan bahwa pengetahuan memiliki kontribusi yang kuat dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan. Attitude memiliki nilai sampel asli sebesar 0,228 dan nilai P sebesar 0,000, dapat disimpulkan bahwa sikap memiliki peran penting dalam menentukan tingkat loyalitas dan kepuasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200901064
Uncontrolled Keywords: human capital, service quality, shipping agency
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Bisnis Maritim > 39303 D4-Transportasi Laut
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:46
Last Modified: 19 Aug 2024 08:46
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item