ANALISIS TERJADINYA TUBRUKAN KAPAL TONGKANG BARGE ISM 3024 TERHADAP KEGIATAN SANDAR DI JETTY PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) JAWA 7

Gustiananda, Arditya Khrisna (2024) ANALISIS TERJADINYA TUBRUKAN KAPAL TONGKANG BARGE ISM 3024 TERHADAP KEGIATAN SANDAR DI JETTY PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) JAWA 7. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
HALAMAN JUDUL - Arditya Khrisna.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 - Arditya Khrisna.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 - Arditya Khrisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 - Arditya Khrisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 - Arditya Khrisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5 - Arditya Khrisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Arditya Khrisna.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Arditya Khrisna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Industri perkapalan dan transportasi laut memainkan peran krusial dalam perekonomian global, namun insiden tubrukan kapal Tongkang ISM 3024 yang terjadi pada 8 Maret 2024 di Jetty Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mengakibatkan kerusakan dermaga yang signifikan dan berdampak luas pada operasional dan keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab tubrukan antara tongkang BG ISM 3024 dengan jetty PLTU Jawa 7, menganalisis dampaknya terhadap kegiatan sandar di jetty, dan merumuskan upaya pencegahan untuk insiden serupa di masa depan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatifdengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa fenomena tubrukan disebabkan oleh kombinasi faktor internal, seperti kecepatan tinggi dan kurangnya koordinasi, serta faktor eksternal, termasuk cuaca buruk dan kondisi infrastruktur yang tidak memadai. Dampaknya meliputi kerusakan fisik pada dermaga, penundaan kegiatan sandar, dan dampak finansial serta lingkungan. Rekomendasi untuk mencegah kejadian serupa meliputi peningkatan pelatihan, pemeliharaan rutin, penetapan batas kecepatan, dan penerapan teknologi pemantauan kapal yang lebih canggih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 200901033
Uncontrolled Keywords: Tubrukan Kapal. Tongkang, Sandar Kapal, Jetty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Bisnis Maritim > 39303 D4-Transportasi Laut
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:32
Last Modified: 15 Aug 2024 06:32
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item