ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA VENTING PADA SAFETY RELIEF VALVE DI KAPAL MT. GAS ARIA

Permadi, Andika Bagus (2024) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA VENTING PADA SAFETY RELIEF VALVE DI KAPAL MT. GAS ARIA. Diploma thesis, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL, ABSTRAK] Text (HALAMAN JUDUL, ABSTRAK)
Halaman Depan_Andika - Andika Permadi.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1_Andika - Andika Permadi.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2_Andika - Andika Permadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3_Andika - Andika Permadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4_Andika - Andika Permadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5_Andika - Andika Permadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Andika - Andika Permadi.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Andika - Andika Permadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

LPG Carrier merupakan jenis kapal niaga yang dibuat secara khusus untuk mengangkut muatan LPG dalam kuantitas yang besar. Pada proses pemuatan ataupun pembongkaran di kapal gas venting bisa terjadi akibat tekanan di dalam tangki yang terlalu tinggi. Penelitian ini menjelaskan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya venting pada safety relief valve di kapal MT. Gas Aria yang sedang melakukan pemuatan di pelabuhan Cilacap dan upaya pencegahannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijelaskan secara deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Observasi dilakukan saat kejadian terjadi, wawancara dilakukan secara tidak langsung dengan responden terpercaya, dan studi pustaka diambil dari penelitian terdahulu yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya venting di kapal MT. Gas Aria antara lain karena tingginya temperature yang membuat tekanan dalam tangki ikut naik, kurangnya kinerja compressor muatan, dan kurangnya koordinasi antara awak kapal dan pihak darat. Dalam upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan melakukan cooling down jika temperature terlalu tinggi, melakukan perawatan secara berkala terhadap semua alat bantu bongkar muat, dan melakukan koordinasi yang baik dengan pihak darat maupun sesama awak kapal guna mencegah terjadinya bahaya-bahaya yang mungkin terjadi saat proses bongkar muat dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NIM. 190804007
Uncontrolled Keywords: LPG, Venting, Safety Relief Valve.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Nautika > 92303 D4-Nautika
Depositing User: admin2 admin2 admin2
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:27
Last Modified: 29 Jul 2024 08:27
URI: http://repo.polimarin.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item
View Item